JAM

Tuesday 24 March 2015

Tari Selamat Datang ( Tari Tradisional Papua )



Tari Selamat Datang (Tari Tradisional Papua)

 




Papua adalah kepulauan yang kebudayaannya sangat masih tradisional dengan keaslian adat istiadat dan kehidupan sehari-hari yang sangat kuno jika kita lihat dari segi era globalisasi seperti sekarang ini. Namun dengan hal tersebut papua mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu dari segi budaya,suku,ras dan etnis yang tidak banyak kita temukan di seluruh kepulauan Indonesia.

Kali ini aku akan posting tentang bab-bab seni tari yang pastinya sudah aku presentasikan ke teman-teman. Pertamayang akan aku tampilkan yaitu Tari Selamat Datang. Tarian ini cukup nyentrik ya denganpakaian khas papua juga musik serta instrumen musiknya dan yang paling penting, tari ini identik dengan loncat-loncat yang berarti kegembiraan.

 
Tarian selamat datang merupakan tarian yang menunjukkan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati. Tarian ini biasa diperagakan pada saat kunjungan tamu, pada saat ada tamu kehormatan yang datang dari kota maupun desa tetangga tarian ini pasti dipersembahkan kepada para tamu kehormatan, untuk memberi rasa hormat dan rasa kegembiraan penduduk maupun ketua suku terhadap tamu kehormatan yang telah mengunjungi desa mereka.

Tarian ini memiliki gerakan khas seperti tari-tarian lain dari Papua yaitu gerakan yang semangat, dinamik dan menarik. Kekhasan yang lain adalah keunikan pakaian daerah serta aksesorisnya yang membuat tarian ini menarik, mungkin kalau kita melihat dari segi era globalisai seperti sekarang ini pasti kita melihat pakain maupun aksesoris dari tarian ini sangat kuno, karena tidak bisa dipungkiri bahwa zaman sekarang ini adalah zaman fashion. Tapi disitulah keunikan dari pakaian dan aksesoris tarian ini yang mengedepankan keaslian dan ketradisionalannya.

Tarian ini diiringi oleh musik yang dimainkan oleh beberapa orang atau Grup musik. Regu musisi yang memainkan alat musik untuk mengiringi penari terdiri dari alat musik seperti Gitar, Ukulele, Tifa, dan Bass Akustik. Ukulele, Tifa dan Stem Bass yang biasanya semua alat musik ini di buat sendiri. Walaupun orang papua sangat tradisional tapi mereka bisa membuat alat musik yang bisa mengkolaborasikan alat musik tradisional dengan tarian ini sehingga menampilkan pertunjukan yang luar biasa yang bisa memuaskan hati pemirsa yang menonton pertunjukan Tarian ini.

Beragamnya jenis tarian di Indonesia yang unik dan indah sering dijadikan sebagai opening di berbagai acara pergelaran budaya Indonesia hingga dalam acara besar seperti yang diadakan pada tahun 2011 lalu dalam acara ASEAN GAMES (SEA Games XXVI). Dalam pelenggaraan SEA Games tersebut terdapat banyak kesenian berupa tarian tradisional yang ditampilkan sebagai acara pembuka, salah satunya adalah tari selamat datang.


Tari selamat datang merupakan tarian yang berasal dari Papua Timur. Tarian yang menjadi andalan di daerah Papua ini sangat dikenal kekhasan gerakannya yang energik dan dinamis, ditambah dengan aksesoris para penarinya seperti hiasan kalung dan tutup kepala yang terbuat dari kerang atau gigi dan tulang hewan yang menarik seperti hendak berperang ternyata mampu mencuri perhatian para penonton.


Tarian selamat datang menjadi sebuah icon atau ekspresi gembira dan rasa hormat yang ditunjukkan para penduduk Papua dalam ritual penyambutan tamu. Tarian ini melibatkan sekumpulan penari pria dengan pakaian adat papua (memakai sehelai kain yang menutupi bagian depan tubuh) lengkap dengan tameng dan tombak. Terdapat pula sekumpulan orang atau regu musisi yang mengiringi tarian ini dengan alat musik seperti gitar, ukulele, tifa dan stem bass yang biasanya dibuat sendiri oleh penduduk Papua.


Gitar yang digunakan untuk mengiringi tarian selamat datang tidak berbeda jauh dengan gitar yang digunakan masyarakat Indonesia pada umumnya. Sedangkan ukulele adalah sebuah alat musik petik sejenis gitar namun berukuran mini sekitar ± 20 inci. Tifa merupakan alat musik yang mirip dengan gendang, pukulan nada yang keluar dari tifa membuat tarian selamat datang menjadi lebih meriah dan asyik sehingga sangat menarik untuk di ikuti dalam setiap gerakan yang ditampilkan oleh para penari tari selamat datang.


Tarian selamat datang masih tergolong sebagai jenis tarian tradisional, ditambah dengan keaslian adat istiadat Papua yang masih terjaga hingga saat ini, maka dengan keunikan dan asyiknya tarian selamat datang semakin membuat Papua memiliki pesona tersendiri dibandingkan dengan daerah yang lain. Meski Papua menjadi daerah sulit terjamah oleh pemerintah dan masyarakat,Indonesia beruntung memilki Papua yang sangat konsisten dengan menjaga warisan-warisan dari para leluhurnya.

Walaupun tarian selamat datang masih terjaga dari sisi tradisional dan budayanya, kita sebagai generasi bangsa harus tetap menjaga dan melestarikan secara terus menerus tarian yang didominasi dengan gerakan lompat-lompat energik dan diiringi dengan dendangan irama tifa ini untuk para penerus bangsa Indonesia di masa depan. Berinovasi dalam dunia seni tari dengan mengangkat budaya ujung Indonesia yaitu ufuk Merauke dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk nyata kita mencintai Negeri yang kaya ini.







No comments:

Post a Comment

CERITA KISAH NYATA

“ TERUSLAH MELAKUKAN KEBAIKAN “ Ada seorang teman baikku menuturkan kisahnya. Dia bernama Rudi. Sore itu ia menemani ister...