BAB
1
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pendidikan mencapai puncak kejayaannya dimasa Abbasiyah dan Umayah yang tidak
terlepas dari yang Pendidikan Islam.
Disinilah mulanya para pelajar dan sarjana Muslim bahkan nonmuslim menuntut
berbagai disiplin Ilmu.DisaatAbbasiyah mengalami kemunduran masalah pendidikan
tetap menjadi perhatian para Khalifah sehingga pendidikan berhasil mencetak
para pelajar dan sarjana sesuai dengan yang diharapkan.Pada masa
KhalifahAbbasiyah Malik Syah, Wazir Nizam Al-Muluk dari Bani Saljuk membangun
Madrasah Nizhamiyah yang nanti nya menjadi PerguruanTinggi Islam terbesar di
zamannya.
B.
Rumusan Masalah
1)
Bagaimana Perjalanan Lembaga
Pendidikan Nizhamiyah
?
2)
Apa Saja Kurikulum dan Materi yang dipergunakan dalam pendidikan
nizhamiyah tersebut ?
3)
Siapa sajaTokoh-tokoh danApa saja Ide-ide yang teerdapat dalam Pendidikan
Nizhamiyah tersebut?
4)
Bagaimana pengaruhnya madrasah Nizhamiyah?
C. Batasan Masalah
Dalam makalah yang kami tulis ini hanya
membahas tentang, Lembaga Pendidikan
Nizhamiyah,Kurikulum dan Materi apa yang digunakan dalam pendidikan
Nizhamiyah,dan mengetahui Tokoh-tokoh dan Ide-ide Madrasah Nizhamiyah,dapat
mengethaui pengaruh apa saja yang terdapat dalam pendidikan Nizhamiyah.
D.
Tujuandan Manfaat Pembahasan
1. Untuk
memenuhi tugas dari dosen mata kuliah Sejarah Pendidikan Islam.
2. Agar dapat
mengenal dan memahami tentang Madrasah Nizhamiyah .
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Madarasah Nizhamiyah,
Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam.
Pendidikan mencapai puncak kejayaannya dimasa Abbasiyah dan
Umayah yang tidak terlepas dari keberhasilan para pakar pendidikan dimasa itu
sebagai cikal bakal pencerahan yang dapat dirasakan oleh Benua Eropa.
Pelaksanaan Pendidikan Islam pada masa tersebut mengalami prioritas,dimulai
dari tingkat sederhana hingga tingkat tinggi.Disinilah mulanya para pelajar
dans arjana Muslim bahkan nonmuslim menuntut berbagai disiplin Ilmu.Disaat
Abbasiyah mengalami kemunduran masalah
pendidikan tetap menjadi perhatian para Khalifah sehingga pendidikan berhasil
mencetak para pelajar dan sarjana sesuai dengan yang diharapkan.Pada masa
KhalifahAbbasiyah Malik Syah, Wazir Nizam Al-Muluk dari Bani Saljuk membangun
Madrasah Nizhamiyah yang nantinya menjadi Perguruan Tinggi Islam terbesar di
zamannya.
B.
LEMBAGA PENDIDIKAN NIZHAMIYAH
Nizhamiyah adalah sebuah lembaga Pendidikan yang didirikan pada tahun 457-459
h/1065-1607 M (abad 4) oleh Nizham Al-Muluk dari dinasti Saljuk.
Jadi dapat dikatakan bahwa Madrasah Nizhamiyah adalah
Madrasah yang pertama kali muncul dalam sejarah pendidikan Islam yang berbentuk
lembaga pendidikan dasar sampai perguruan tinggi yang dikelola oleh Pemerintah.
Nizham Al Muluk mendirikan gedung-gedung Ilmiah untuk ahli Fiqh, membangun
madrasah-madrasah untuk para Ulama, dan asrama untuk tempat beribadah serta
fakir miskin danp elajar yang tinggal diasrama diberi bekal secukupnya oleh
Saljuk dan untuk menyiarkan mazhab keagamaan pemerintahan serta untuk menyokong
sultan dan menyiarkan mzhabah lisunah keseluruh rakyat.
C. KURIKULUM DAN MATERI YANG
DIBERIKAN MADRASAH NIZHAMIYAH
Menurut Mahmud Abbas Madrasah Nizhamiyah pengajarannya
adalah ilmu- -ilmu hikmah (filsafat).Madrasah Nizhamiyah mempunyai tugas pokok
tersendiri yaitu mengajarkan fiqh yang sejalan dengan satu atau lebih dari
mazhab ahli sunah dan juga menjadi tempat-tempat menarik pelajar untuk
menggunakan waktu mereka sepenuhnya dalam belajar.Rencana pengajaran atau
kurikulum di Madrasah Nizhamiyah menurut Mahmud Abbas adalah Al-Qur’an
(membaca, menghapal dan menulis), sastra Arab, sejarahNabi Muhammad SAW, fiqh,
ushul fiqh dengan menitik berat kan kepada mazhab Syafi’I dan sistem teologi
Asy’ariyah. Sekedar memperjelas Madrasah ini juga diatur dengan sistem
dan manajemen yang bagus sehingga menjadi salah satu madrasah yang termashur
pada saat itu.
D.
TOKOH-TOKOH DAN IDE-IDE MADRASAH
NIZHAMIYAH
Tokoh-tokoh
di Madrasah Nizhamiyah diantaranya:
1. Abu Ishak al-Syirazi( w, 476 H =
1083 M )
2. Abu Nashr al-Shabbagh( w, 477 H =
1084 )
3. Abu Qasim al-A’lawi( w, 482 H = 1089
M)
4. Abu Abdullah al-Thabari( w, 495 H =
1101 H )
5. Abu Hamid al-Ghazali( w, 505 H =
1111 M)
6. Radliyud Din al-Qazwaini( w, 575 H =
1179 M)
7. Al-Firuzabadi( w, 817 H = 1414 M)
Ide-ide tokoh Madrasah Nizhamiyah yang tercantum hanya dari
Al-Ghazali yakni tentang metode asas mengajar baik untuk anak didik dan
pendidiknya, diantaranya :
1. Memperhatikan tingkat daya pikir
anak.
2. Menerangkan pelajaran dengan jelas.
3. Mengajarkan ilmu pengetahuan dari yang
kongkrit kepada yang abstrak.
4. Mengajar kan ilmu pengetahuan dengan
cara berangsur-angsur.
Al-Ghazali mengemukakan sifat-sifat yang harus dimiliki
seorang pendidik adalah :
a.
Pendidik tidak mengharapkan pujian
atau upah tetapi hanya mengharap Ridha Allah SWT, dll.
b.
Pendidik Hendaknya memandang peserta
didik seperti anaknya sendiri.
c.
Memanfaatkan setiap peluang untuk
memberi nasihat dan bimbingan kepada pesertadidik.
d.
Menegur peserta didik apabila
melakukan kesalahan.
e.
Memperhatikan perkembangan fikir
peserta didik.
f.
Pendidik hendaknya mengamalkan
ilmunya tidak sebaliknya.
Al-Ghazali juga memberikan pendapatnya tentang sifat-sifat yang harus
dimiliki oleh peserta didik, diantaranya :
1. Peserta didik harus memuliakan,
menghormati dan bersikap rendah hati terhadap guru.
2. Peserta didik harus merasa satu
bangunan dengan peserta didik lainnya, dll.
Ide-ide pendidikan yang dikemukan oleh al-Ghazali merupakan
hal yang sangat berharga bagi dunia pendidikan, baik untuk kepentingan pendidik
maupun peserta didik yang semuanya mempunyai dampak pada diri dan
lingkungan.Tidak dapat dipungkiri pendapat al-Ghazali merupakan sumbangan yang
besar dalam dunia pendidikan, ini terbukti bahwa ia menjadi rujukan bagi
pendidik dan peserta didik tidakhanya didunia Islam tetapi juga diluar Islam
dengan adanya renaissance di Eropa.[1][2]
E. PENGARUH
MADRASAH NIZHAMIYAH.
Madrasah Nizhamiyah telah banyak memberikan pengaruh
terhadap masyarakat, baik dibidang politik, sosial, ekonomi maupun bidang
sosial keagamaan.Dalam batas ini madrasah merupakan kebijakan religi politik
penguasa pemerintahan waktu itu, dimana Nizam al-Muluk sebagai pejabat
pemerintah yang memiliki andil besar dalam pendirian dan penyebaran
madrasah.Yang mana dalam bidang ekonomi madrsah ini dimaksudkan untuk
mempersiapkan pegawai pemerintah, khususnya dibidang hokum dana dministrasi
serta mengajarkan hokum syari’ah. Madrasah Nizhamiyah sangat diterima di
masyarakat karena sesuai dengan lingkungan dan keyakinan dilihat dari segi
sosial keagamaan yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :
1. Ajaran yang diberikan di Madrasah
Nizhamiyah adalah ajaran yang sesuai dengan ajaran yang dianut oleh sebagian
besar masyarakat pada waktu itu yaitu Sunni.
2. Madrasah Nizhamiyah diajar oleh
beberapa Ulama terkemuka
3. Madrasah Nizhamiyah memfokuskan pada
ajaran Fiqh yang dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya dalam
rangka hidup dan kehidupan yang sesuai dengan ajaran dan keyakinan mereka
BAB III
PENUTUP
a.
Kesimpulan
Nizhamiyah
adalah sebuah lembaga pendidikan dalam bentuk madrasah yang oleh pemerintah
pada masa bani saljuk.Madrasah ini mempunyai corak yang berbeda dari lembaga
pendidikan sebelumnya. Madrasah ini di dirikan di kota Baghdad dansekiranya
(ditemui hampir disetiap daerah), didirikan oleh seseorang perdana mentri yang
mempunyai perhatian besar terhadap ilmu pengetahuan dan pendidikan disamping
politik dan keagamaan. Perdana mentri itu bernama nizham al-mulk dengan memakai
sistim modern.
Madrasah
nizhamyiah mempunyai manajemen yang bagus, dikelola dengan baik seperti dapat
di lihat dari segi pendanaan, gedung-gedung yang bagus dan dalam jumlah yang
banyak. Guru-guru digajiselamamasajabatanya, perpustakaan yang lengkap, asrama
dan makan untuk mahasiswanya,biaya sekolah gratis dan kurikulum ditetapkan oleh
pemerintah Baghdad.
b. Saran
Demikianlah
makalah ini penulis buat, penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih
banyak terdapat kekurangan serta jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang membangundari rekan-rekan mahasiswa serta
bapak dosen pengasuh mata kuliah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Nizar,Samsul,sejarahPendidikan Islam.Jakarta:Kencana,2009.
No comments:
Post a Comment